Koleksi Kerajinan Tangan Autentik Jambi

Travelling Indonesia – Jambi tak hanya terkenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk merayakan Waisak dengan keberadaan kompleks candinya yang terluas di Indonesia.

Sepulang menjelajahi keindahan deretan wisata alam, kuliner dan budaya yang ditawarkan, tak lengkap rasanya bila langsung pulang tanpa membeli oleh-oleh.

Beruntungnya Anda, karena Provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur Sumatra ini memiliki banyak jenis kerajinan tangan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Batik Jambi

Sama halnya seperti wilayah lain di Indonesia yang memiliki batik dengan ciri khasnya tersendiri, begitu pula dengan Jambi. Di masa lalu, batik hanya dipakai oleh kaum bangsawan untuk upacara adat dan lainnya. Motifnya pun masih terbatas, umumnya berupa corak ukiran seperti yang terpatri di rumah adat Kajang Lako.

Miniatur Rumah Adat

Rumah Adat Kajang Leko

Rumah adat Jambi yaitu Kajang Lako yang berbentuk unik menjadi inspirasi bagi warganya untuk membuat miniatur sebagai oleh-oleh. Miniatur tersebut terbuat dari bahan dasar kayu dengan ukiran yang khas, cocok sebagai pajangan untuk menghiasi tempat tinggal Anda.

Kerajinan Resam

gelang hasil anyaman resam Ada yang mengetahui dengan kerajinan mersam? Pernah dengar atau langsung berkunjung ke pembuatanya? Ya mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi mendengar kerajinan tangan dengan bahan dasar resam.

Produk yang dihasilkan dari kerajinan resam bermacam-macam mulai dari cincin, gelang, topi, vas bunga, tas santai, bahkan topi dan masih banyak lainnya.

Gelang dan Kalung Sebelik Sumpah

Sesuai namanya, aksesori ini terbuat dari biji-biji buah pohon Sebelik Sumpah yang disusun menjadi gelang dan kalung. Uniknya, aksesori ini diyakini warga Suku Anak Dalam mampu menangkal dan menolak bala, sehingga kemudian dianggap sebagai jimat pelindung untuk menjaga diri. Harganya pun terjangkau, sehingga cocok untuk dibeli sebagai oleh-oleh.

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent News